Reminder 4 Better Life

Thursday, December 09, 2004

Sholat Dhuha Bersama Mamah

Assalaamu'alaikum..

potongan memori berikut ini, barusaja melintas selepas sholat dzhuhur tadi..
masih dari masa dimana aku masih belum bersekolah, di usia 4-6 tahun..

waktu itu setiap hari senin sampai sabtu, pada pagi hari rumah hanya akan berisi aku dan mamah..
bapak pergi mengajar selepas sholat subuh seringkali tanpa sempat sarapan..
sementara kakak-kakakku pergi sekolah, kuliah atau bekerja selepasa sarapan bihun goreng dan gorengan lainnya dari mak iik yang biasa singgah di dapur rumah kami setiap pagi, atau nasi goreng buatan mamah atau kakak perempuanku yang sangat lezat...

setelah semua pergi, aku dan mamah pergi ke pancuran dengan membawa ember berisi piring gelas dan perabotan kotor untuk di cuci...
setelah selesai mencuci, mamah kemudian akan mengambil air wudhu...
aku juga tidak pernah ketinggalan untuk mengambil air wudhu...
yang aku tahu saat itu hanyalah sholat yang kami kerjakan bernama sholat dhuha dan hukumnya adalah sunat, tanpa aku tahu apa itu sunat..
sesampainya di rumah kami segera masuk ke kamar...
kemudian mamah menggelar dua buah sajadah satu untuk mamah an satu lainnya agak ke belakang untukku..
suasana pagi yang senyap kadang membuat aku mengantuk dan bukannya mengikuti gerakan-gerakan sholat mamah, melainkan membuat aku tertidur di atas sajadah...
jika tidak tertidur saat sholat biasanya aku tertidur di pangkuan mamah saat mamah membaca doa dan dzikir atau membaca al-qur'an..
jika tidak tertidur hingga mamah selesai membaca al-qur'an, maka aku akan menemani mamah menjalani pagi itu dengan pergi berbelanja ke warung hingga memasak makanan untuk makan siang nanti..

Wassalaam

0 Comments:

Post a Comment

<< Home